TEKNIK DASAR KIPPER (MENANGKAP BOLA) I

Selain harus memahami perlengkapan dan peraturan kiper futsal, ada beberapa teknik permainan yang harus dikuasai oleh seorang kiper dimana fungsi dari penjaga gawang dalam pertandingan tidak hanya untuk mengamankan bola agar tidak masuk ke gawang tetapi juga memiliki peran yang penting dalam membantu penyerangan. Akurasi umpan atau lemparan yang tepat dari seorang kiper akan sangat membantu pemain dalam menyerang ke daerah lawan.

1.Teknik menangkap bola
Cara menangkap bola yang benar mutlak harus bisa dikuasai oleh seorang penjaga gawang jika tidak ingin memberikan kesempatan kepada tim lawan untuk mencetak gol. Sang kiper harus mengetahui cara mengantisipasi setiap bola yang datang kepadanya baik itu melalui atas, bawah maupun samping. 
     A.menangkap bola bawah
           Tangkapan teknik ini digunakan untuk mengantisipasi bola yang datang di atas pinggang atau kepala dengan telapak tangan mengelilingi bola serta ibu jari dan jari yang lainnya membentuk huruf W di bagian belakang bola dengan tujuan bola bisa ditangkap dengan baik dan sempurna. Cara melakukan tangkapan bola atas adalah:
-Posisi kaki dibuka selebar bahu
-Badan agak membungkuk dan posisi tangan ke depan
-Saat akan bersentuhan dengan bola maka tariklah lengan tangan
-Peluklah bola dengan erat diantara dada dan tangan
-Untuk mengontrol dan mengurangi laju bola, posisi badan sedikit mundur ke belakang. 

tetap dalam berlatih kita harus memperbanyak pengulangan agar dengan sendirinya kita terbiasa.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAMBANG KROMONG

PUISI SINGKAT

PERLENGKAPAN KIPPER FUTSAL